Pengaruh Gaya Berpikir dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika

The Influence of Thinking Style and Prior Knowledge on Mathematical Story Problem Solving Ability

Authors

  • Hidayat Kurahmadan Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.59225/vj2d8468

Keywords:

Gaya  Berpikir,  Pengetahuan  Awal,  Pemecahan  Soal  cerita  Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hipotesis pengaruh gaya berpikir dan pengetahuan  awal  siswa  terhadap  kemampuan    pemecahan  soal  cerita  matematika.  Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh gaya berpikir terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. 2) Terdapat pengaruh pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. 3) Terdapat pengaruh interaktif gaya berpikir dan pengetahuan awal terhadap kemampuan  pemecahan  soal  cerita  matematika.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah Survey Expose Facto. Populasi terjangkau adalah kelas VII MTs Negeri di Jakarta Timur. Besar  sampel  sebanyak  88  siswa,  dengan  teknik  sampling  yang  digunakan  teknik  random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan pemecahan soal cerita matematika  pada  bab  bangun  datar  segitiga  dan  segi  empat  sebanyak  9  soal  yang  telah  diuji validitasnya dan koefisien  reliabilitasnya 0,710; instrumen gaya berpikir sebanyak 20 soal yang telah  diuji  validitasnya  dan  koefisien  reliabilitasnya  0,696;  dan  instrumen  pengetahuan  awal sebanyak 22 soal yang telah diuji validitasnya dan koefisien reliabilitasnya 0,826. Analisis data menggunakan  analisis  of  varians  (ANAVA)  dua  jalur.  Hasil  pengujian  hipotesis  penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya berpikir terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan sig. 0,07. 2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika  dengan sig. 0,913. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan gaya berpikir dan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan sig. 0,268.                                                    

Downloads

Published

08-08-2024

How to Cite

Pengaruh Gaya Berpikir dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika: The Influence of Thinking Style and Prior Knowledge on Mathematical Story Problem Solving Ability. (2024). Jurnal Matemar (Manajemen Dan Teknologi Maritim), 3(1). https://doi.org/10.59225/vj2d8468