Pengaruh Gaya Berpikir dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika
The Influence of Thinking Style and Prior Knowledge on Mathematical Story Problem Solving Ability
DOI:
https://doi.org/10.59225/vj2d8468Keywords:
Gaya Berpikir, Pengetahuan Awal, Pemecahan Soal cerita MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hipotesis pengaruh gaya berpikir dan pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh gaya berpikir terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. 2) Terdapat pengaruh pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. 3) Terdapat pengaruh interaktif gaya berpikir dan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey Expose Facto. Populasi terjangkau adalah kelas VII MTs Negeri di Jakarta Timur. Besar sampel sebanyak 88 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan pemecahan soal cerita matematika pada bab bangun datar segitiga dan segi empat sebanyak 9 soal yang telah diuji validitasnya dan koefisien reliabilitasnya 0,710; instrumen gaya berpikir sebanyak 20 soal yang telah diuji validitasnya dan koefisien reliabilitasnya 0,696; dan instrumen pengetahuan awal sebanyak 22 soal yang telah diuji validitasnya dan koefisien reliabilitasnya 0,826. Analisis data menggunakan analisis of varians (ANAVA) dua jalur. Hasil pengujian hipotesis penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya berpikir terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan sig. 0,07. 2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan sig. 0,913. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan gaya berpikir dan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan sig. 0,268.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







