Analisis Strategi Pengembangan Usaha Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran

Business Development Strategy Analysis of the Central Public Service Agency for Kemayoran Complex Management

Authors

  • Febri Andrianto Nugroho Universitas Pancasila Author
  • Fahrudin Salim Universitas Pancasila Author
  • Zulkifli Universitas Pancasila Author

DOI:

https://doi.org/10.59225/sfeqs719

Keywords:

strategi pengembangan usaha, pengembangan produk, kualitas pelayanan, inovasi

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  pengembangan  produk,  kualitas pelayanan,  inovasi  secara  langsung  maupun  tidak  langsung  terhadap  kepuasan  pelanggan.  Sampel penelitian  sejumlah  40  responden  yang  merupakan  pelanggan  Kawasan  Kota  Baru  Bandar Kemayoran.  Teknik  pengambilan  sampel  adalah  purposive  sampling.  Pengumpulan  data menggunakan  kuesioner.  Teknis  analisis  data  menggunakan  analisis  Structural  Equation  Modeling (SEM)  yang  diolah  dengan  software  SmartPLS  versi  3.  Hasil  penelitian  ini  membuktikan  bahwa variabel pengembangan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas pelayanan dan inovasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian juga menunjukan Analisis Strategi Pengembangan Usaha dengan mengacu pada strategi-strategi dari hasil  analisis  yang  telah  dilakukan  dan  dipilih  strategi  yang  tepat  untuk  selanjutnya  dapat  disusun menjadi rencana dan program kerja bagi perusahaan.

Downloads

Published

08-08-2024

How to Cite

Analisis Strategi Pengembangan Usaha Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran: Business Development Strategy Analysis of the Central Public Service Agency for Kemayoran Complex Management. (2024). Jurnal Matemar (Manajemen Dan Teknologi Maritim), 3(1). https://doi.org/10.59225/sfeqs719