PENGARUH GAYA BERPIKIR DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA TERAPAN DI AKADEMI MARITIM NASIONAL JAKARTA RAYA

The Influence Of Thinking Style And Early Knowledge On Applied Mathematics Story Problem Solving Ability At The National Maritime Academy, Jakarta Raya

Authors

  • Hidayat Kurahmadan Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.59225/ny3tbg59

Keywords:

Gaya Berpikir, Pengetahuan Awal, Pemecahan Soal cerita Matematika, dan Expose Facto

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menganalisis  dan  menguji  hipotesis  pengaruh  gaya  berpikir  dan pengetahuan  awal  siswa  terhadap  kemampuan  pemecahan  soal  cerita  matematika.  Hipotesis  penelitian  ini meliputi:  1)  Terdapat  pengaruh  gaya  berpikir  terhadap  kemampuan  pemecahan  soal  cerita  matematika.  2) Terdapat pengaruh pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. 3) Terdapat pengaruh  interaktif  gaya  berpikir  dan  pengetahuan  awal  terhadap  kemampuan  pemecahan  soal  cerita matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey Expose Facto. Populasi terjangkau adalah  kelas  VII  MTs  Negeri  di  Jakarta  Timur.  Besar  sampel  sebanyak  88  siswa,  dengan  teknik  sampling yang digunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan pemecahan  soal cerita  matematika  pada  bab  bangun datar  segitiga  dan segi  empat  sebanyak 9  soal  yang telah  diuji  validitasnya  dan  koefisien  reliabilitasnya  0,710;  instrumen  gaya  berpikir  sebanyak  20  soal  yang telah diuji validitasnya dan koefisien reliabilitasnya 0,696; dan instrumen pengetahuan awal sebanyak 22 soal yang telah diuji validitasnya dan koefisien reliabilitasnya 0,826. Analisis data menggunakan analisis of varians (ANAVA)  dua  jalur.  Hasil  pengujian  hipotesis  penelitian  diperoleh  simpulan  sebagai  berikut:  1)  Terdapat pengaruh yang signifikan gaya berpikir terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan sig. 0,07. 2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan sig. 0,913. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan gaya berpikir dan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan sig. 0,268. 

Downloads

Published

08-08-2024

How to Cite

PENGARUH GAYA BERPIKIR DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA TERAPAN DI AKADEMI MARITIM NASIONAL JAKARTA RAYA: The Influence Of Thinking Style And Early Knowledge On Applied Mathematics Story Problem Solving Ability At The National Maritime Academy, Jakarta Raya. (2024). Jurnal Matemar (Manajemen Dan Teknologi Maritim), 2(1). https://doi.org/10.59225/ny3tbg59